Hari ini, Kamis, 17 Agustus 2017, merupakan kali kedua bagi Komunitas Inspirasi Jelajah Pulau (KIJP) mengadakan #UpacaraVirtualKIJP. Beberapa relawan KIJP kembali mengukir sejarah Indonesia memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-72 dengan ikut andil dalam tugas upacara. Upacara Virtual KIJP tidak berbeda dengan upacara bendera yang dilaksanakan pada umumnya, yang berbeda hanyalah upacara ini dilaksanakan secara virtual pada sosial media KIJP, yaitu live instagram dan twitter @jelajahpulauid.

 

 

Upacara Virtual KIJP dibuka oleh protokol upacara. Setelah pembukaan tersebut, pemimpin serta pembina upacara memasuki lapangan upacara dan pemberian penghormatan. Rangkaian upacara dilanjutkan dengan pengibaran bendera merah putih oleh tiga orang petugas pengibar bendera, yang diiringi lagu kebangsaan Indonesia yaitu Indonesia Raya.

Setelah itu, prosesi mengheningkan cipta, pembacaan teks Pancasila, Proklamasi, hingga Undang-Undang Dasar Republik Indonesia. Tak lupa, para relawan mendengarkan amanat dari pembina upacara yaitu Kak Maria, Kapten KIJP periode 2016-2017 #AngkatSauh. Dalam amanatnya, Kak Maria mengajak kita untuk mengisi kemerdekaan dengan menginspirasi anak-anak Indonesia. “Ayo kembali ke sekolah dan terus ingatkan anak-anak bangsa bahwa #AnakSantunItuKeren,” lanjutnya. Kemudian sebagai penutup, permohonan doa dan persembahan lagu nasional dari relawan KIJP.

Kemerdekaan merupakan buah jerih payah para pendahulu yang harus kita lanjutkan perjuangannya. Merdeka tidak hanya diartikan melepaskan diri dari penjajah, tapi juga berkontribusi mengisi kemerdekaan dengan kegiatan yang positif. Semangat juang kemerdekaan inilah yang melahirkan KIJP sehingga dapat berlayar untuk berbagi inspirasi. Mari ikut serta dalam mewujudkan cita-cita bangsa dengan semangat 72 tahun kemerdekaan Indonesia melalui kegiatan #KIJPBatch6 #AnakSantunItuKeren.

Segenap keluarga besar Komunitas Inspirasi Jelajah Pulau (KIJP) mengucapkan “Dirgahayu ke-72 Republik Indonesia”. Bangun Inspirasi Anak Indonesia!