Seiring dengan berjalannya #KIJPBatch6 di Karimunjawa, di Jakarta juga tengah mengadakan persiapan #KIJPBatch6 untuk Kepulauan Seribu-Banten. Rangkaian kegiatan dimulai dengan Workshop Dokumentator dan Training for Trainers (TFT) bagi para relawan yang bertugas di Kepulauan Seribu dan Banten. Workshop Dokumentator yang dilaksanakan pada tanggal 16 September 2017 mengundang 68 fotografer dan 24 videografer terpilih untuk mengikuti workshop ini. Sedangkan Training for Trainers (TFT) pada tanggal 23 September 2017 diadakan untuk seluruh relawan, baik pengajar maupun dokumentator. Bukan hanya sharing session, tapi juga pembekalan materi mulai dari pengenalan karakter diri hingga materi pengajaran yang sesuai dengan tema utama #KIJPBatch6 yaitu #AnakSantunItuKeren. Tentunya kegiatan ini juga sekaligus menjadi ajang berkenalan dengan sesama relawan.

Workshop Dokumentator #KIJPBatch6

Dokumentator yang terpilih di Batch 6 KIJP untuk Kepulauan Seribu dan Banten, berkumpul di MM Building, Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Dokumentator yang dimaksud adalah relawan fotografer dan videografer. Sebelum ke pulau, relawan dokumentator dijelaskan terlebih dahulu mengenai tema #AnakSantunItuKeren, kemudian pengenalan pulau secara singkat. Kak Leo, selaku koordinator dokumentator menuturkan bahwa ini tahapan menjelang ke pulau penugasan, maka ia menambahkan materi yaitu peranan relawan dokumentator dalam kegiatan KIJP.

Sharing session dari relawan fotografer KIJP yang juga merupakan fotografer profesional menambah keseruan dari workshop hari ini. Tak lupa tips & trick selama pengambilan gambar dan sedikit cerita tentang Pameran Foto & Video KIJP yang akan diadakan usai Kegiatan Batch 6.

Training for Trainers Relawan #KIJPBatch6

Training for Trainers untuk para relawan Kepulauan Seribu dan Banten dilaksanakan di gedung Kementrian Pekerjaan Umum Jakarta Selatan. Acara diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya untuk menambah semangat nasionalisme. Kemudian dilanjutkan sambutan oleh Kapten Sao, Koordinator Batch 6 Bang Frans, KOMPAS oleh Kak Rona, dan sambutan dari Sudindik Kepulauan Seribu.

Tema utama #KIJPBatch6 kali ini adalah #ASIK #AnakSantunItuKeren. Tema tersebut diusung untuk meningkatkan karakter santun pada anak-anak serta melanjutkan tema #GenerasiJujur pada Batch 5 tahun lalu. Diharapkan setelah Batch 6 berakhir, ucapan maupun tindakan santun seperti kata ‘senyum, sapa, maaf, tolong, terima kasih’ tetap tumbuh di kalangan anak-anak kepulauan maupun relawan KIJP sendiri.

Selain itu di TFT ini, relawan KIJP juga mendapat beberapa pembekalan atau persenjataan sebelum terjun ke pulau. Nah, pertama tentang First Aid dari Kak Johan. Di sesi ini, para relawan belajar mengenai pertolongan pertama pada kecelakaan dan beberapa hal yang bisa saja relawan alami di pulau. Misalnya cara mengatasi saat kita terkena bulu babi di pantai. Tak hanya itu, relawan juga mendapat pembekalan cara mengajar : multiple intelligence dan positive dicipline. Seperti yang kita ketahui, tak semua relawan KIJP adalah guru. Jadi sesi ini sangat penting dan membantu para relawan untuk mempersiapkan diri sebelum Hari Inspirasi. Para relawan juga diajak untuk berdiskusi dan menemukan solusi dari beberapa studi kasus yang bisa terjadi di kegiatan belajar-mengajar di kelas. Pembekalan tak sampai di situ saja, para relawan juga dibekali dengan cara mengatasi anak-anak berkebutuhan khusus oleh Kak Eva Ali. Karena memang ada beberapa pulau yang memiliki anak-anak berkebutuhan khusus. Sehingga diharapkan jika ada kejadian tak terduga, para relawan tidak panik dan sudah tahu cara mengatasinya.

Ada satu sesi tak kalah menarik yaitu, Ice Breaking yang dipandu oleh Kak Novi. Di sesi ini, seluruh relawan yang hadir diajak seru-seruan bermain games. Selain untuk mencairkan suasana, games ini juga ditujukan agar relawan saling mengenal dan akrab. Games tersebut juga untuk menumbuhkan team building antarrelawan KIJP. Tak kalah istimewanya, kita juga kedatangan Huhu & Popo, relawan KIJP, yang ikut memeriahkan acara dengan lagu-lagu favorit KIJP.

Setelah relaks kembali, kita masuk ke sesi penjelasan teknis Batch 6 oleh Kak Rendy selaku perwakilan Tim Acara. Di sesi ini, dijelaskan lebih rinci tentang keberangkatan sampai pulang, lalu apa saja yang harus dilakukan relawan dan juga apa saja yang tidak boleh dilakukan oleh relawan selama kegiatan KIJP Batch 6 ini. Selain itu, ada pembagian kelompok untuk daerah penempatan masing-masing sekolah, yang dilanjutkan pada diskusi masing-masing kelompok.

 

-Navyk & Dian Sulistiani-