Sabtu, 16 September 2017 menjadi hari istimewa untuk panitia lokal dan seluruh relawan Kelompok Inspirasi Jelajah Pulau (KIJP) Karimunjawa. Training For Trainers (TFT) dan Workshop Dokumentator, dua rangkaian kegiatan penting di KIJP dilaksanakan. Banyak materi menarik telah disiapkan, baik untuk relawan pengajar maupun dokumentator. Harapannya materi-materi ini berguna untuk berkegiatan di pulau nanti.

Sejumlah relawan dari luar kota juga tak kalah semangat untuk mengikuti rangkaian kegiatan ini. Mereka datang jauh-jauh dari kota masing-masing untuk bertemu dengan sesama relawan dan menerima materi. Semuanya antusias dan bersemangat. Aura untuk segera berlayar ke Karimunjawa, terutama bertemu anak-anak di Pulau Kemujan sudah sangat terasa.

“Tak kenal maka tak sayang”, ungkapan itu rasanya pas untuk mengawali acara TFT dan workshop dokumentator. Agar semua rileks, acara TFT dan workshop diawali dengan games perkenalan. Seru sekali!

Kegiatan berlanjut dengan pemaparan materi oleh Kak Novita Permatasari  atau yang biasa dipanggil Kak Sao, Kapten KIJP #BerlayarMakinAsyik. Kapten Sao membawakan materi mengenai pengenalan Komunitas Inspirasi Jelajah Pulau dan tema batch 6 yaitu Anak Santun Itu Keren disingkat #ASIK. Pengenalan materi ini harapannya banyak relawan mengenal KIJP lebih dekat, juga berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan tahun ini.

“Jadikan sesama relawan sebagai keluarga, bukan sekadar rekan. Jadikan KIJP sebagai rumah, bukan sekadar perkumpulan atau komunitas,” tandas Kapten Sao di akhir pemaparan materinya.

 

Materi yang juga wajib disimak relawan adalah pengenalan tentang kondisi pulau. Kegiatan KIJP Karimunjawa tidak berpusat di Karimunjawa itu sendiri, tetapi masih harus ditempuh 45 menit perjalanan dengan mobil pick-up. Pulau Kemujan, sebuah pulau di utara Karimunjawa menjadi salah satu sasaran kegiatan KIJP batch 6 ini. Pengenalan pulau bertujuan agar relawan menyiapkan mental dan fisik karena jarak yang ditempuh lumayan jauh dengan moda transportasi yang mungkin sehari-hari tidak biasa mereka gunakan. Kak Putri, selaku Koordinator KIJP Batch 6 Karimunjawa menegaskan bahwa kegiatan ini harus fun dan tujuan ke Pulau Kemujan adalah untuk menginspirasi, bukan berwisata.

Materi lain seperti Multiple Intelligence, Positive Disiplince, Microteaching, Manajemen Kelas dan Kaidah Mengajar dibawakan pemateri dengan sangat menyenangkan. Relawan bisa menikmati kegiatan TFT tanpa merasa bosan.

“TFT kesempatan emas buat ketemu sesama relawan, buat belajar, dan  juga berbagi pengalaman dengan banyak orang hebat. Mereka kebanyakan adalah relawan-relawan militan dan jagoan di bidangnya masing-masing”, tutur Kak Winda salah satu relawan pengajar.

Sebagai tambahan persiapan untuk ke pulau, ada juga materi First Aid Kits. Berbagai contoh jenis cedera dan pertolongan pertamanya dipaparkan dan dipraktekkan dengan tak tak kalah asyik.

 

 

Workshop Dokumentator

Workshop dokumentator digawangi oleh Om Hairil Saleh, seorang fotografer yang juga relawan KIJP. Workshop juga berjalan tak kalah seru seperti kegiatan Training For Trainers. Om Hairil Saleh berbagi pengalaman dan suka dukanya menjadi relawan dokumentator. Beliau berpesan bahwa menjadi dokumentator kuncinya harus happy. Apapun kondisinya.

Rangkaian kegiatan Training For Trainers dan Workshop Dokumentator ditutup dengan agenda foto bersama seluruh relawan dan pemateri. Satu hari penuh kegiatan ini tak menyurutkan langkah relawan untuk menyiapkan pelayaran ke Pulau Kemujan, Karimunjawa.

Terima kasih untuk semangat dan partisipasinya, Hoppers!

 

 

-Lestari, Panitia Batch 6-