Hai, Hoppers!
Salam Matahari dari Tim Karimun Jawa.

 

Tahun 2017 ini, KIJP akan membentangkan layar hingga ke Pulau Karimun Jawa. Maka pada 6-8 Juli 2017 lalu, tim kecil beranggotakan Kak Lestari, Kak Kinanti, Kak Farhan, Kak Didy, dan Kak Jeudi Putri melakukan survei lapangan ke lokasi yang dituju yaitu Pulau Kemujan. Survei lokasi adalah bagian dari rangkaian persiapan batch 6 #AnakSantunItuKeren.

Pulau Kemujan terdiri atas empat dusun yaitu Kemujan, Batu Lawang, Tlaga, Mrican, yang tiap dusunnya memiliki satu sekolah dasar negeri. Mayoritas mata pencaharian penduduk adalah nelayan. Jika dibandingkan dengan Karimun Jawa, pulau ini memiliki suasana yang lebih tenang dan asli.

Bagaimana perjalanan kami hingga sampai di Pulau Kemujan? Kami menempatkan Kota Semarang sebagai titik temu perjalanan atau meet-up point. Dari sana, dilanjutkan dengan perjalanan darat ke Jepara selama 2 jam dan 3 jam perjalanan menyeberangi laut Jepara hingga sampailah di Pulau Karimun Jawa. Pulau Kemujan berbatas darat dengan Karimun Jawa sehingga dapat ditempuh dalam 45 menit perjalanan kendaraan bermotor. Tenang saja, kendaraan bermotor ini bisa disewa dari penduduk setempat.

Nah, total waktu perjalanan sekitar 5 jam 45 menit ini rasanya terbayar lunas ketika tim survei menginjakkan kaki di Pulau Kemujan. Keramahan dan antusiasme masyarakat terhadap kegiatan KIJP, serta keindahan alam memberikan kesegaran dan semangat baru bagi kami.

Jadi tak sabar untuk segera Open Recruitment Relawan Batch 6, kan?

 

Sumber : tim survei Karimun Jawa