Komunitas Inspirasi Jelajah Pulau (KIJP) adalah perkumpulan relawan yang terdiri dari para profesional yang peduli terhadap pendidikan dasar anak di Kepulauan Indonesia dengan cara berbagi, menginspirasi, serta membangun cita-cita dan karakter, dengan melibatkan sekolah, lingkungan, dan masyarakat. Para pekerja dengan profesi yang beragam dihadirkan di ruang kelas untuk memperkaya cita-cita anak-anak. Tidak hanya menceritakan manfaat profesi dan cara mereka bekerja, tapi juga berbagi hal yang terpenting: cara mereka meraih cita-cita tersebut. Impian untuk menguatkan pendidikan di pulau-pulau terluar Indonesia mulai dirajut sedini mungkin, diawali dari wilayah terdekat yang mudah dijangkau relawan. Sejak April 2014, Pilot Project KIJP (saat itu masih bernama Kelas Inspirasi Jelajah Pulau) dimulai di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Komunitas Inspirasi Jelajah Pulau (KIJP), pertama kali menjelajah pada 6-8 April 2014 ke Pulau Tidung (3 Sekolah Dasar (SD)) dan Pulau Payung (1 SD) di Kepulauan Seribu, Jakarta. Di tahun yang sama pada 24-26 Agustus Batch #2, area jelajahnya bertambah dengan mengikutsertakan Pulau Harapan (1 SD), Pulau Kelapa (2 SD), Pulau Pari (1 SD), dan Pulau Lancang (1 SD) yang terletak di kepulauan yang sama.

Semester pertama yaitu pada 29-31 Maret 2015, KIJP memulai langkah dengan melebarkan area jelajahnya kembali. Masih di Kepulauan Seribu, kali ini menambahkan Pulau Panggang (2 SD) dan Pulau Pramuka (1 SD) sebagai tujuannya. Sehingga total pulau yang sudah terlibat sampai dengan saat itu adalah delapan pulau. Di semester kedua pada 11-13 Oktober di tahun yang sama (Batch #4), jumlah pulau bertambah dengan dilibatkannya Pulau Untung Jawa (1 SD), pulau paling dekat dengan Jakarta Daratan, sebagai pulau kesembilan.

Sekedar informasi, selama dua tahun kebelakang, KIJP hanya mendatangi pulau-pulau dekat yang menghabiskan waktu tempuh kira-kira 1-4 jam saja melalui jalur laut. Pada 2016, KIJP memutuskan untuk melibatkan pulau yang menghabiskan waktu tempuh selama delapan jam dengan kapal dari Pelabuhan Kali Adem di Jakarta. Waktu tempuh bisa lebih dari itu, apabila kapal harus transit terlebih dulu di Pulau Harapan, dikarenakan kondisi alam. Iya, untuk pertama kalinya, KIJP memutuskan untuk menjelajah menuju pulau terjauh di Kepulauan Seribu, yaitu Pulau Sabira (1 SD).

Pada awalnya, KIJP hanya fokus untuk melakukan kegiatan di wilayah Provinsi DKI Jakarta saja. Namun relawan KIJP yang berdomisili di luar DKI Jakarta memberikan saran KIJP untuk memulai menjelajah pulau-pulau yang ada di provinsi lain. Oleh karena itu, berbarengan dengan rencana berangkat ke Pulau Sebira, KIJP merencanakan untuk memulai menjelajah ke pulau yang ada di Provinsi Banten dan Provinsi Jawa Tengah.

Provinsi Banten adalah provinsi pertama selain Jakarta yang dijelajahi oleh KIJP. Teman-teman relawan yang berdomisili di provinsi tersebut, menginisiasi untuk perjalanan pertamanya. Tujuannya Pulau Panjang (2 SD) dan Pulau Tunda (1 SD). KIJP di Provinsi Banten diselenggarakan berbarengan dengan pelaksanaan perjalanan ke Pulau Sabira, pada 2016 Batch 5 yang  #GenerasiJujur.

Memasuki tahun 2017, setahun lebih persiapan telah dilakukan oleh relawan yang berdomisili di Semarang dan Jepara, mulai dari mengurus perizinan ke Dinas Pendidikan Kabupaten Jepara, perizinan ke masyarakat lokal, beberapa kali survey lokasi, hingga perizinan kapal. Rangkaian batch 6 yang diselenggarakan pada Oktober 2017 dan membawa tema #AnakSantunItuKeren (ASIK), siap memberangkatkan 60 relawan disebar ke empat sekolah di Kepulauan Karimun Jawa, Provinsi Jawa Tengah. Pulau Kemujan adalah pulau pertama yang menjadi tujuan KIJP tahun ini. Sedangkan rekan-rekan relawan lain akan berlayar menuju Kepulauan Seribu dan Banten pada 22-24 Oktober 2017.

 

 

Jejak Sejarah Jelajah Komunitas Inspirasi Jelajah Pulau (KIJP)

  1. Batch #1, 6-8 April 2014; Pulau Tidung, Pulau Payung
  2. Batch #2, 24-26 Agustus 2014; Pulau Tidung, Pulau Payung, Pulau Harapan, Pulau Kelapa, Pulau Pari, Pulau Lancang
  3. Batch #3, 29-31 Maret 2015; Pulau Tidung, Pulau Payung, Pulau Harapan, Pulau Kelapa, Pulau Pari, Pulau Lancang, Pulau Panggang, Pulau Pramuka
  4. Batch #4, 11-13 Oktober 2015; Pulau Tidung, Pulau Payung, Pulau Harapan, Pulau Kelapa, Pulau Pari, Pulau Lancang, Pulau Panggang, Pulau Pramuka, Pulau Untung Jawa
  5. Batch #5, 10-12 April 2016;
    Pulau Tidung, Pulau Payung, Pulau Harapan, Pulau Kelapa, Pulau Pari, Pulau Lancang, Pulau Panggang, Pulau Pramuka, Pulau Untung Jawa (Kepulauan Seribu)
    Pulau Panjang, Pulau Tunda (Banten)
  6. Batch #6
    14-16 Oktober 2017; Pulau Kemujan (Kepulauan Karimun Jawa)
    22-24 Oktober 2017; Pulau Tidung, Pulau Payung, Pulau Harapan, Pulau Kelapa, Pulau Pari, Pulau Lancang, Pulau Panggang, Pulau Pramuka, Pulau Untung Jawa (Kepulauan Seribu) & Pulau Panjang, Pulau Tunda (Banten)

 

-tim PD-