HARI INSPIRASI

Komunitas Inspirasi Jelajah Pulau (KIJP) Batch 5 #GenerasiJujur berkegiatan di dua sekolah yaitu SDN 01 Kelapa dan SDN 02 Kelapa. Ada banyak kegiatan seru yang terjadi ketika menjalani hari inspirasi, khususnya bagi para relawan yang baru bergabung di KIJP. Kebetulan sekali di SDN 01 Kelapa mayoritasnya adalah relawan baru. Hal ini menyebabkan banyak ide-ide baru dan segar yang terlontar. Walaupun terdapat kegagalan saat mengeksekusi ‘Human Mosaic’ namun lagu AKU BISA disambut oleh anak-anak dengan gembira dan semangat.

Sedangkan di SDN 02 Kelapa, para relawan dengan latar belakang profesi yang berbeda telah mempersiapkan bahan ajar yang menarik dengan menerapkan permainan dan eksperimen. Memang terlihat sederhana akan tetapi ini merupakan sesuatu yang baru dan menarik bagi anak-anak. Sebagai penutup rangkaian kegiatan hari inspirasi, beberapa siswa membacakan puisi yang bertemakan tentang cita-cita dan terima kasih guruku. Kemudian, para relawan dan anak-anak membentangkan Bendera Merah Putih raksasa di lapangan dekat sekolah.

 

KEGIATAN MASYARAKAT DAN LINGKUNGAN

Pada kesempatan kali ini, kegiatan tidak hanya melibatkan peran serta dari anak-anak pulau, tetapi juga dari ibu-ibu dan kelompok Karang Taruna. Kegiatan masyarakat yang dilaksanakan antara lain :

1. Games Outdoor
Games Outdoor dilaksanakan di halaman sekolah SDN Kelapa 01 dengan peserta anak kelas satu hingga enam. Kegiatan yang mengajak anak-anak untuk menanamkan kejujuran pada setiap permainan yang dilakukan, adapun ini sesuai dengan tema batch kita #GenerasiJujur. Permainan yang dilaksanakan yakni estafet karet, bisik kata, dan membuat bendera Merah Putih.

2. Menonton Film
Bertempat di Aula Kelas SDN Kelapa 01, relawan memutar beberapa film animasi dan film pendek yang bertemakan kejujuran. Kegiatan menonton ini diperuntukkan bagi seluruh siswa SDN Kelapa 01 dan Kelapa 02.

3. Membuat Tas ‘Kinchaku’
Pembuatan tas ‘kinchaku’ atau tas jinjing khas Jepang merupakan kegiatan yang bertujuan memberi pembekalan keterampilan kepada ibu-ibu di pulau.

4. Kegiatan Hidroponik
Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi alternatif berkebun di pulau dengan memanfaatkan sampah botol plastik. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, masyarakat Pulau Kelapa dapat mengusahakan kebutuhan pangan melalui hidroponik.

 

 

TENTANG PULAU KELAPA

Pulau Kelapa secara administratif berada di wilayah Kelurahan Pulau Kelapa, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta. Dengan luas 13.09 ha merupakan pulau berpenduduk yang dijadikan pusat pemerintahan Kelurahan Kepulauan Kelapa. Pulau yang menjadi pemukiman padat penduduk ini terletak pada Zona Pemukiman Taman Nasional Kepulauan Seribu. Kelurahan Pulau Kelapa membawahi 36 pulau di wilayah Kecamatan Kepulauan Seribu Utara yang masing-masing peruntukannya untuk daerah pemukiman, pariwisata, zona inti perlindungan, dan cagar alam. Pulau Kelapa dan Pulau Harapan dihubungkan oleh jalan yang terbuat dari beton yang merupakan hasil reklamasi.

Pulau Kepala dihuni oleh 5.795 orang penduduk (1.543 KK). Penduduk Pulau Kelapa sebagian besar merupakan penduduk asli pulau yang terdiri dari perpaduan berbagai macam suku yakni Bugis, Mandar, Betawi, dan Jawa. Masyarakat Pulau Kelapa memiliki adat istiadat yang biasa dilakukan oleh masyarakat pada umumnya yaitu “Pesta Rakyat” yang dipengaruhi kebudayaan Bugis. Mayoritas masyarakat Pulau Kelapa memeluk agama Islam.

Sebagian besar penduduk Pulau Kelapa bermata pencaharian sebagai nelayan tangkap dan nelayan budaya. Kelembagaan yang ada di Pulau Kelapa yaitu PKK, Karang Taruna, Kelompok Usaha Bersama, dan Pramuka.

Sarana transportasi yang ada di Pulau Kelapa antara lain sepeda motor, becak, dan sepeda dengan didukung oleh prasarana transportasi yaitu jalan paving block dan beton serta 2 buah dermaga. Sarana penerangan berupa listrik yang dikelola oleh PLN melalui jaringan kabel listrik bawah laut sehingga listrik menyala selama 24 jam.

 

Sumber : Buku Batch 5 #GenerasiJujur