2 Mei 2017

SAMBUTAN DARI KAPTEN TERPILIH

Saat yang ditunggu-tunggu kemudian tiba. KIJP akan kembali berlayar. Kendali kapal siap diberikan kepada Kapten terpilih. Dengan total raihan suara 34,39%, mari kita sambut Kapten yang akan memimpin kapal kita satu periode mendatang:

Novita Permatasari

Selamat kepada Kapten terpilih, dan berikut pesan pertama Kapten Sao KIJP Periode 2017-2018.

—–

Salam Matahari!

LEGA……………….

Mungkin itu satu kata yang paling pantas menggambarkan kondisi saya saat ini. Lega rasanya karena KIJP sudah menyelesaikan satu tanggung jawab kepada awak kapalnya, yaitu memilih seorang Kapten. Lega karena telah tiba saatnya ratusan relawan KIJP yang terbagi menjadi empat kubu pendukung calon Kapten untuk bersatu kembali. Dan tentu saja, lega karena perang meme dengan berbagai editan foto saya sudah berakhir.

Dua menit kemudian, saya merasa PANIK.

Panik karena akan menjadi pemimpin dari orang-orang hebat di KIJP selama satu tahun ke depan. Panik karena ada sedikit kekhawatiran tidak bisa menjadi seorang Kapten KIJP seperti yang teman-teman harapkan. Panik karena keluarga saya pasti akan semakin sering menuntut saya membagi waktu untuk keluarga. Yang terakhir, panik, jangan-jangan karena terlalu fokus dengan KIJP, saya lupa mencari jodoh.

Oleh karena itu, saya tentunya sangat membutuhkan dukungan, bantuan, dan partisipasi aktif dari teman-teman semua, untuk membawa kapal pesiar KIJP berlayar menghantam ombak dan segala bentuk rintangan. Ya, saya mengibaratkan KIJP sebagai kapal pesiar. Karena saya optimis, dengan 400 lebih relawan yang saya harap bersedia turun tangan langsung untuk membantu, KIJP bisa menjadi besar dan mengagumkan bak kapal pesiar.

Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas partisipasi teman-teman dalam #PemiluRayaKIJP tahun ini. Setelah kemarin kita cukup terkotak-kotak karena pilihan hati masing-masing, mari kita kembali bergotong-royong untuk mengembangkan layar.

Terakhir, saya ingin mengajak Anda untuk mengawal KIJP selama satu tahun ke depan. Kita arungi lautan bersama untuk menginspirasi, menebar kebaikan dan menjalin silaturahmi dengan pulau-pulau di Indonesia.

Tak perlu basa-basi lagi,
Sampai jumpa di KIJP!

Regards,
Novita Permatasari



29 April 2017

MENGENAL LEBIH DEKAT DENGAN KANDIDAT KAPTEN KIJP

 

 

Apa visi dan misi dari para kandidat KIJP? #PilihKapten2017

 

Kandidat Nomor 1: Frans Mario Halomoan Simanjuntak

Frans, demikian panggilannya, sudah empat kali berlayar bersama KIJP; tiga kali ke pulau di Kepulauan Seribu dan satu kali ke Pulau Panjang, Serang – Banten. Frans pernah menjadi bagian dari Tim Rekrutmen Batch 4 dan 5. Dia juga pernah menjadi Runner di Camp Anak Pulau pada bulan Januari yang lalu.

Selama satu tahun kebelakang, Frans memegang amanah sebagai Kepala Divisi Talent & Happiness dalam Kabinet periode lalu. Bagi Frans, KIJP adalah rumah dimana relawan, anak-anak, guru dan masyarakat pulau hidup dalam sinergi dan kerja sama untuk mencapai masa depan kita yang lebih baik dan bahagia.

Visi :

Menjadikan KIJP sebagai rumah idaman para relawan untuk bersinergi dengan anak-anak, guru dan masyarakat Pulau meraih masa depan yang lebih baik.

Misi :

  1. MenGembalikan semangat kerelawanan dan kebersamaan seluruh relawan KIJP
  2. Melibatkan seluruh anggota KIJP dalam segala kegiatan yang akan dilakukan dalam 1 periode kepengurusan ke depan untuk anak – anak di dunia pendidikan secara khusus dan masyarakat kepulauan secara umum.

 

Kandidat Nomor 2: Hermawan Susilo

Pria asal Bekasi ini akrab dipanggil dengan sebutan Mawan. Pulau Kelapa merupakan tempat yang pernah dikunjunginya bersama KIJP. Menjadi koordinator Sosialisasi di Pameran Foto dan Video KIJP adalah salah satu kontribusi nyata Mawan untuk KIJP. Tak hanya itu, ia juga menjadi salah satu inisiator dan pelari KIJP saat penggalangan dana untuk Camp Anak Pulau.

Sebagai relawan yang bersemangat selalu siap membantu, Mawan pun turun langsung menjadi Tim Acara Camp Anak Pulau dan membantu eksternal divisi Relations KIJP pada kabinet tahun lalu, sekaligus mengelola media sosial KIJP. KIJP bagi Mawan bukan hanya sebuah komunitas tapi sebuah keluarga; yang bisa saling menginspirasi dan menunjukkan indahnya kerjasama dan gotong royong.

Visi:

Menjadikan KIJP sebagai sebuah komunitas yang penuh rasa kekeluargaan; yang dapat saling menginspirasi dan menunjukkan indahnya kerjasama saling gotong royong.

Misi:

  1. Berlayar kembali ke pulau dan berbagi ilmu serta pengetahuan bagi anak pulau
  2. Bersama para relawan KIJP merancang guidelines program kemasyarakatan serta lingkungan yang tepat sasaran
  3. Mengajak relawan untuk saling bergotong-royong demi tercapainya tujuan KIJP
  4. Menjadikan KIJP lebih diketahui oleh khalayak luas sebagai komunitas yang memiliki perhatian terhadap anak-anak pulau di Indonesia umumnya, Kep. Seribu dan Banten khususnya.

 

Kandidat Nomor 3: Novita Permatasari

Rekam jejak wanita yang akrab disapa Sao ini diawali ketika pertama kali bertugas di Pulau Kelapa sebagai relawan pengajar. Pada kesempatan berikutnya, dia dipercaya untuk mengkoordinir relawan yang akan bertugas di Pulau Panggang. Memasuki kegiatan Batch 4, Sao dipercaya untuk mengambil peran sebagai Koordinator Batch yang memimpin seluruh persiapan kegiatan KIJP.

Kiprahnya di KIJP tidak hanya itu saja. Sao juga berkomitmen mengelola kepengurusan KIJP selama satu tahun sebagai Kepala Divisi Relation yang bertugas menjaga hubungan baik dengan pihak eksternal, juga internal. KIJP bagi Sao adalah Rumah untuk saling berbagi. Di dalamnya terdapat satu keluarga yang saling menginspirasi dan siap menginspirasi.

Visi:

  1. Meningkatkan kuailtas internal KIJP, baik dari segi hubungan antar relawan hingga struktur kepengurusan KIJP yang lebih efektif dan efisien.
  2. Membawa nama KIJP ke lingkaran komunitas yang memiliki visi serupa untuk kemudian dapat saling mendukung dalam menginspirasi anak-anak di kepulauan.
  3. Fokus kepada kegiatan yang mengakar pada kebutuhan anak-anak di kepulauan.
  4. KIJP yang lebih ‘hangat’ dan bebas kepentingan.
  5. KIJP yang lebih bersahabat dengan lingkaran komunitas positif lainnya

Misi:

  1. Merombak struktur kepengurusan yang sudah pernah ada dengan struktur yang lebih efektif dan efisien dalam Kabinet maupun kepanitiaan acara-acara KIJP.
  2. Mengusulkan untuk menempatkan relawan-relawan yang berkomitmen pada posisi penentu keputusan.
  3. Menyusun dan melaksanakan program yang sesuai dengan kebutuhan anak-anak di kepulauan dengan pengangkatan seorang koordinator program.
  4. Kegiatan batch yang fokus pada kebutuhan anak di masing-masing pulau.
  5. Kegiatan gathering dengan konsep sharing session dari relawan untuk relawan untuk memperkuat bonding antar relawan dari berbagai pulau dan angkatan batch.
  6. Menambah dan mengaktifkan kembali personil SUAR KIJP sebagai sosok yang dapat membawa nama KIJP ke luar komunitas.
  7. Menjalin hubungan dengan komunitas luar yang sejalan sebagai media pembelajaran untuk pengelolaan komunitas.

 

Kandidat Nomor 4: Sri Utami Rustam

Sri Utami Rustam atau yang biasa kita kenal dengan nama Uti, adalah salah satu relawan yang ikut membangun KIJP dari awal. Peran pertamanya adalah dengan menjadi relawan pengajar saat bertugas di Pulau Tidung. Hingga kini dia tetap mengambil bagian dalam setiap kegiatan KIJP. Di antaranya beberapa kali menjadi Koordinator pulau, menjadi bagian dalam tim sosial media, dan yang terbaru menjadi Koordinator Camp Anak Pulau.

Tidak hanya aktif pada kegiatan KIJP, Uti juga cukup berperan di luar kegiatan. Kemampuan yang dia miliki mampu menjadikannya jembatan antara KIJP dengan penyedia jasa kapal yang digunakan oleh seluruh relawan saat berlayar. Tidak heran, Uti cukup akrab dengan beberapa kapten kapal sehingga dapat mempermudah dalam persiapan moda transportasi utama untuk ke Pulau.

Selama satu tahun kebelakang, Uti juga menjadi salah satu pengurus KIJP yang bertugas pada divisi partnership yang bertugas untuk memfasilitasi pihak-pihak yang ingin bekerja sama dengan KIJP. Buat Uti, KIJP itu kapal kita; tempat kita sama-sama mengusahakan mimpi kita untuk pendidikannya anak-anak pulau, Sekaligus tempat berbagi penat dan berbagi bahagia di sela-sela upaya kita itu.

Visi:

Membuat KIJP “satu level” lebih, lebih tinggi, lebih seru, dan lebih luas jangkauannya.

Misi:

  1. Membuat program yang mengajak relawan untuk selalu berkumpul.
  2. Menjelajah ke pulau baru.
  3. Membuat program dengan sasaran kepada pengajar. Agar Guru lebih berkualitas, demi murid yg cerdas.

23 April 2017

PEMILU RAYA KIJP : #PilihKapten2017

 

Selamat datang di Pemilu Raya KIJP periode 2017-2018. Setelah melalui tahap Pengumpulan Rekomendasi Calon Kapten yang diikuti 174 pemberi suara, dan dilanjutkan ke tahap Verifikasi, terpilih 4 kandidat kapten berdasarkan suara terbanyak.

Mereka berkomitmen mengawal KIJP selama satu periode, aktif dalam kegiatan KIJP sepanjang 2014-2016, dan punya rekam jejak berintegritas yang memikat!

Karenanya, segenap Tim Transisi KIJP mengajak para relawan menyemangati 4 kandidat kapten tersebut. Bersiaplah untuk #PemiluRaya2017 kita, dan mari salurkan semangat kepada:
1. Frans Mario Halomoan Simanjuntak

2. Hermawan Susilo

3. Novita Permatasari (Sao)

4.  Sri Utami Rustam (Uti)


11 April 2017

JADIKANLAH DIA KAPTENMU!

 

Tak terasa sudah satu tahun masa bakti Kapten Maria dalam #AngkatSauh KIJP periode 2016-2017. Kini saatnya kemudi KIJP diserahkan kepada kapten baru, seiring dengan logo KIJP yang telah mengalami perubahan.

KIJP akan memilih kapten yang kedua dalam Pemilu Raya KIJP 2017. Pada kesempatan kali ini seluruh relawan KIJP berkesempatan mengajukan satu nama untuk menjadi Bakal Calon Kapten.

‘Pastikan ia adalah relawan KIJP yang berdedikasi, asyik untuk diajak bekerja sama, dan (dalam kerendahan hatinya) sangat pantas untuk dijadikan pemimpin kita. Bersamanya, kamu yakin bahwa kapal kita akan berlayar ke tahapan yang lebih tinggi.’
Ayo, bersiaplah!
3-5 nama dengan dukungan terbanyak akan diikutkan dalam bursa Calon Kapten KIJP.
-Tim Transisi KIJP-