Setelah berhasil menyelenggarakan Pameran Foto dan Video yang pertama kali pada tahun 2016, Komunitas Inspirasi Jelajah Pulau (KIJP) kembali mengadakan Pameran Foto dan Video untuk kedua kalinya. Gelaran kedua ini diselenggarakan untuk mengapresiasi para relawan fotografer dan videografer Batch 6 yang berlayar di Kepulauan Seribu, Banten, dan Karimunjawa. Pameran diadakan di Jakarta Creative Hub pada tanggal 20-27 Januari 2018.

Dari 2.304 karya foto milik 46 fotografer yang diterima kurator, akhirnya terpilih 60 karya foto dari 31 fotografer. Mengusung tema “Nusantara adalah Kita”, pameran akan merepresentasikan semangat kebhinekaan. Kata “nusantara” sendiri berasal dari kata bahasa Jawa kuno, yaitu “nusa” (pulau) dan “antara” (seberang). Kata “nusantara” berarti kepulauan di seberang atau antara dua samudra dan dua benua. Tema ini membawa spirit kualitas hidup, terutama dalam bidang pendidikan. Anak-anak yang berada di berbagai titik nusantara tetaplah menjadi tanggung jawab bersama.

Selain menampilkan karya foto dari fotografer terpilih, pengunjung dapat menikmati live performance band akustik, workshop, sharing session, serta diskusi. Ada juga sesi nonton bareng film “Di Atas Genteng” karya Ika Yuliana, pemenang Eagle Awards 2017. Melalui pameran ini, pengunjung diharapkan dapat memperoleh gambaran utuh tentang kehidupan masyarakat pulau. Selain itu, juga terdapat workshop foto berjudul “Menawarkan Cerita Perjalanan” bersama Cristian Rahadiansyah, Editor in Chief DestinAsian.

 

 

Hadir dalam pembukaan Pameran Foto dan Video bertema “Nusantara adalah Kita” di Jakarta Creative Hub, Novita Permatasari – Kapten KIJP, Eric P.Z Lumbun – Sekretaris Kabupaten Kepulauan Seribu, Didi Mugitriman – Kurator Pameran, Leo Nugraha – Koordinator Pameran serta puluhan Relawan Pengajar dan Dokumentator KIJP.

Novita Permatasari – Kapten KIJP mengatakan, ”Pameran ini kami selenggarakan untuk mengapresiasi para relawan fotografer dan relawan videografer yang selama ini telah mengabdikan dirinya untuk merekam segala bentuk aktivitas KIJP di sekolah. Maksud dari pemilihan tema ‘Nusantara adalah Kita’ sendiri adalah untuk membuka cakrawala dan pola pikir masyarakat umum. Bahwa anak-anak yang tinggal dan bersekolah di pulau juga berhak mendapatkan kesempatan yang sama seperti anak yang bersekolah di kota, terutama dalam hal pendidikan. Bahwa mereka, anak-anak di Kepulauan Indonesia juga anak-anak kita.”

Di sisi lain, Dita Alangkara, Kurator pameran yang juga Chief Biro Foto Internasional di Jakarta  menegaskan, “Komunitas Inspirasi Jelajah Pulau bukan komunitas fotografi. Tetapi barangkali KIJP justru punya jawaban untuk keresahan ini. Menikmati frame demi frame foto para dokumentator yang masuk dalam kurasi pameran KIJP 2017 adalah proses yang sangat menyenangkan. Terasa sekali energi yang disalurkan lewat foto-foto tersebut. Foto senyum ceria anak-anak, keluguan dan kepolosan mereka betul-betul dapat kita rasakan melalui media visual foto. Tidak ada ‘street photography’ dengan kontras tinggi, tidak ada foto kaum urban dalam pocket of lights di jalanan metropolitan dan tidak ada foto-foto sunset indah dengan siluet anak-anak bermain bola. Semuanya mengalir membawa kita ke tempat di mana foto itu di ambil.”

“Menurut saya para dokumentator berhasil mengembalikan makna fotografi, yaitu berbagi. Berbagi cerita, berbagi pengalaman dan yang lebih penting, berbagi inspirasi. Selamat untuk para dokumentator yang telah menyampaikan pesan visual dengan tulus dan ikut merayakan fotografi bermakna,” pungkas Dita.