Dalam rangka menyambut Natal yang hadir di bulan Desember, para relawan Komunitas Inspirasi Jelajah Pulau (KIJP) berinisiatif untuk mengadakan acara Natal bersama. Sejak tahun 2015, para relawan KIJP yang beragama Kristiani berkumpul untuk makan bersama dan tukar kado. Dua tahun melewati Natal dengan kegiatan serupa, menghadirkan kerinduan untuk berbagi damai dan sukacita Natal dengan cara berbeda. Maka di tahun 2017 ini, para relawan KIJP memilih Panti Wreda untuk berbagi Natal.

9 Desember 2017, ‘Natal Bersama Oma Opa’ di Panti Wreda Hana, Ciputat diadakan untuk pertama kalinya. Kegiatan ini memang dikhususkan untuk relawan Kristiani, namun tidak menutup keterlibatan bagi relawan yang beragama lain. Kegiatan dibuka dengan ibadah sederhana dalam pujian lagu dan doa. Tak disangka, oma-opa memberikan kejutan dengan persembahan lagu berjudul ‘Yesusku Juruselamatku’.

Kegiatan dilanjutkan dengan Renungan Natal yang dibawakan oleh salah satu relawan KIJP, Mami Oyie. “Bukankah kini kita sudah berada di penghujung tahun 2017? Jadi apa yang telah kita lakukan di tahun ini?” sebuah pertanyaan untuk melihat kembali ke dalam diri. Dalam renungan ini, semua peserta termasuk para relawan KIJP diajak untuk berkoneksi dengan diri sendiri, merefleksikan hari yang telah lewat. Usia tidak ada yang tahu, yang bisa dilakukan adalah melakukan yang terbaik hari ini. Kemudian renungan ditutup dengan pujian lagu dari beberapa relawan yang berjudul ‘Make Me a Channel of Your Peace’.

Tak hanya ibadah, kegiatan ‘Natal Bersama Oma Opa’ juga diisi dengan games. Lima oma opa dalam satu tim ditambah dengan relawan, bahu membahu untuk melakukan estafet karet dengan sumpit. Ternyata usia dan kesehatan tidak menghalangi keinginan oma opa untuk terlibat aktif.

 

  • @evinchyo
  • @innath
  • @evinchyo
  • @oyierinkiriwang
  • @oyierinkiriwang
  • @oyierinkiriwang

 

Nyatanya, berbagi kebahagiaan itu tidak sesulit yang dibayangkan. Para relawan hanya memiliki waktu tak lebih dari dua jam untuk merayakan Natal dengan oma opa di Panti Wreda Hana. Kunjungan singkat juga dilakukan untuk berbagi cerita dan menyerahkan hadiah kecil untuk oma opa yang sakit berbaring di kamarnya. Sebuah senyum dan tawa gembira di wajah mereka, membalas hangat sukacita Natal tahun ini.

Selamat Hari Raya Natal bagi teman-teman yang merayakan. Semoga damai dan sukacita Natal besertamu dan keluarga.

 

 

-emmasabatini-