BATCH 6 PULAU LANCANG

Meraih Kebahagiaan Bersama Pulau Lancang

by Hadi Dana

Pulau Lancang adalah salah satu gugusan di Kepulaun Seribu yang bisa ditempuh sekitar 1,5 jam perjalanan dari Dermaga Marina, Ancol. Para relawan disambut oleh kepala sekolah beserta jajarannya di Dermaga Lancang pada Minggu, 22 Oktober 2017.

Hari pertama kedatangan relawan KIJP di Pulau Lancang, dibuka dengan kegiatan Amazing Race yang melibatkan anak-anak. Lima buah pos yaitu sapa, salam, maaf, permisi dan terima kasih disiapkan oleh para relawan dengan misi yang berbeda di tiap posnya. Anak-anak Pulau Lancang diminta untuk bekerja sama menjalankan misi di tiap-tiap pos dengan tantangan yang berbeda-beda. Kegiatan ini sangat menyenangkan karena anak-anak bukan hanya sekadar bermain, namun juga belajar bagaimana tetap santun saat bekerja sama dengan teman-temannya. Anak yang aktif diberikan ‘medali’ sebagai tanda bahwa mereka tersebut telah melewati seluruh pos yang diadakan.

by Aloysius Hermawan
by Hadi Dana

Pada malam hari sekitar pukul 19.00 WIB, anak-anak Pulau Lancang melanjutkan kegiatan dengan menonton film. Film yang disiapkan adalah edukasi dalam bentuk animasi, yakni mengenalkan bahaya perundungan dan mencegah kekerasan seksual. Film ini sengaja ditayangkan karena jumlah pelecehan seksual terhadap anak semakin tinggi. Tak hanya anak-anak, orang tua pun ikut hadir. Pengawas sekolah yang juga hadir dalam kegiatan malam tersebut, mengatakan bahwa sosialisasi tentang bagian tubuh anak yang perlu dijaga memang akan dilaksanakan di pulau ini. Semoga film ini dapat memberikan wawasan pada anak-anak tentang pentingnya anggota tubuh.

 

Hari Inspirasi

by Aloysius Hermawan

Dengan latar belakang profesi yang berbeda, para relawan pengajar bergabung menjadi satu. Berbagai macam profesi seperti story teller (pendongeng), teller bank, HRD, Production Engineer, pembawa acara siap menginspirasi di SDN 02 Pari, Pulau Lancang. Upacara pagi dan berkenalan dengan anak-anak menjadi awal pembuka acara hari ini. Para relawan pengajar masuk ke kelas masing-masing untuk mengenalkan profesi dan tentunya membawa misi #AnakSantunItuKeren.

Tahun 2017 ini sedikit berbeda, karena menggunakan konsep moving class, di mana anak-anak yang berpindah setelah setiap sesi berakhir. Sistem ini merupakan pembelajaran yang sangat efektif di pulau, khususnya di hari inspirasi. Kegiatan belajar-mengajar tidak hanya dilakukan di kelas, tapi juga di luar kelas. Setelah selesai kegiatan belajar mengajar, seluruh anak-anak dikumpulkan di lapangan untuk menari bersama. Kegiatan ini untuk membakar semangat anak-anak serta relawan demi menggapai cita-cita. Karena, cita-cita milik semua anak Indonesia dan anak-anak Pulau Lancang, Kepulauan Seribu siap menggapainya.

by Hadi Dana

 

 

-Widy Sandjaya, Lancang Batch 6-