Pada tanggal 1 Desember 2017 kemarin para relawan yang menyebut diri dengan nama Teman Untung Jawa melaksanakan kegiatan kerelawanan berupa bermain bersama anak-anak di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Kegiatan itu tidak hanya disambut antusias oleh anak-anak tetapi juga seluruh masyarakat Pulau Untung Jawa.

Teman Untung Jawa merupakan sekumpulan relawan dari Komunitas Inspirasi Jelajah Pulau (KIJP) batch 6 yang ditempatkan di Pulau Untung Jawa. Bermula kebersamaan di satu tempat inilah yang membuat teman-teman relawan dapat menyamakan ide dan gagasan untuk membuat kegiatan lain di luar kegiatan KIJP. Kegiatan ini fokus pada pendidikan, pengembangan inspirasi, dan semangat untuk meraih mimpi anak Sekolah Dasar.

Mereka melihat jarak dari Jakarta menuju Pulau Untung Jawa tidak terlalu jauh. Berbekal alasan ini, kembali ke Untung Jawa adalah sebuah keniscayaan. Untuk membangun mimpi anak-anak melalui permainan yang menyenangkan. Alasan lain adalah adanya perspektif yang mereka tangkap bahwa anak-anak pulau berbeda secara sosial dan kultural. Mereka berikhtiar menghilangkan perspektif tersebut dengan kegiatan kembali ke pulau.

teman untung jawa
Teman Untung Jawa

Delapan orang Teman Untung Jawa (Annisa Ika Tiwi, Devi Ayu A Nasution, Didi Mugitriman, Sheryl Yehovia Nishi Umbas, Siti Rani Rosanah, Ulfahruri Rosdiana Allorhogesti, Yohana, Yulisa Rebecca) berangkat dari Dermaga Marina Ancol sekitar pukul 09.00 WIB dan tiba di pulau pukul 11.00 WIB. Setibanya di pulau mereka langsung menuju Ruang Terbuka Hijau Ramah Anak (RPTRA) Amiterdam untuk memberikan salam selamat datang serta bersosialisasi dengan warga dan anak-anak yang sudah menunggu.

Pukul 14.00 WIB sekitar 50 anak kembali berkumpul di RPTRA Amiterdam untuk mengikuti seluruh rangkaian acara. Anak-anak dikumpulkan untuk melakukan ice breaking agar terus bersemangat dan gembira selama berkegiatan. Selanjutnya anak-anak dipisah berdasarkan usia. Kelas satu sampai kelas tiga akan bermain dan bernyanyi bersama dengan kakak-kakak pendamping. Sedangkan kelas empat hingga kelas enam mengikuti kegiatan menulis janji bercita-cita yang ditujukan kepada orang tua.

Usai melakukan permainan tersebut, Teman Untung Jawa kembali mengumpulkan anak-anak tanpa batas kelas. Mereka bermain bersama menggunakan koran dengan cara mengelompokkan anak-anak ke dalam jumlah orang yang lebih sedikit. Satu kelompok terdiri dari tiga anak. Setiap kelompok diberikan arahan menginjak luas koran yang semakin lama semakin kecil. Kegiatan menyenangkan ini bertujuan untuk menjalin kekompakkan.

 

Sampai tiba waktunya pembagian hadiah yang telah diberikan oleh para mitra. Hadiah menulis janji bercita-cita diberikan kepada tiga peserta dari kelas empat hingga kelas enam. Juara 1 diraih oleh Najwa dari kelas enam, juara 2 diraih oleh Talita dari kelas empat, dan juara 3 diraih oleh Dwi dari kelas lima. Ketiga peserta tersebut mendapatkan piala dan goodie bag berisi pulpen, tempat pensil, dan alat tulis lain yang telah disediakan oleh PT. Standardpen Industries.

Anak-anak lainnya juga mendapatkan doorprize pernak-pernik dari Ancol Taman Impian berupa boneka. Tak ada satu anak yang pulang dengan tangan kosong. Untuk yang tidak mendapat hadiah mereka menerima buku dari penerbit Bhuana Ilmu Populer (BIP) dan souvenir dari CGV Cinemas berupa goodie bag, sticker dan gantungan kunci.

Terima kasih untuk seluruh mitra yang telah mendukung. Semoga ke depan terjalin kerjasama yang baik. Tentunya para mitra dan Teman Untung Jawa memiliki satu tujuan dalam memberikan inspirasi serta semangat kepada masyarakat Pulau Untung Jawa dalam meraih harapan. Harapan ke depan semoga berlanjut dengan kegiatan yang berpengaruh lebih besar. Tentunya kegiatan ini didukung dengan jumlah relawan yang lebih banyak.

 

Salam,

-Teman Untung Jawa-