BATCH 6 PULAU KELAPA

Kegiatan Masyarakat & Lingkungan

Sejumlah 30 orang relawan dengan berbagai macam profesi ditempatkan di Pulau Kelapa pada #KIJPBatch6 yang dilaksanakan pada 22-24 Oktober 2017 lalu. Setibanya di pulau, para relawan langsung meramaikan RPTRA Nyiur Melambai yang baru saja selesai dibangun. Kegiatan SML (sekolah, masyarakat, lingkungan) dimulai tepat pukul 15.00 WIB dibuka dengan mengajak anak-anak Pulau Kelapa flashmob bersama. Semangat anak-anak dilanjutkan dengan Quiz Ranking 1 mengadu ketangkasan ilmu pengetahuan dengan membagi anak menjadi dua kelompok.

Sedangkan untuk masyarakat dalam hal ini ibu-ibu, kami ajak mengobrol tentang kehidupan masyarakat di Pulau Kelapa sembari mengantarkan anaknya. Hingga akhirnya mereka sepakat untuk belajar Bahasa Inggris guna mempersiapkan diri ketika menghadapi turis asing. Setelah itu para ibu diajak bersenang-senang dan bermain angklung bersama relawan. Kegiatan yang melibatkan masyarakat Pulau Kelapa tersebut berakhir tepat pukul 17.00 WIB, ditutup dengan pengumpulan sampah oleh anak-anak dan relawan KIJP.

 

Hari Inspirasi

Keesokan harinya, para relawan yang ditempatkan di SD 02 memulai Hari Inspirasi pada pukul 06.30 WIB dengan Upacara Bendera. Tentu semangat bertambah ketika para relawan memimpin flashmob, yang kemudian diikuti oleh anak-anak juga para guru. Sebanyak dua belas relawan pengajar, dua fotografer dan satu videografer menjalankan tugasnya hingga pukul 11.30 WIB. Hari Inspirasi diakhiri dengan penempelan kebun cita-cita di lapangan SD 02 dan foto bersama.

Pada pukul 13.00 WIB di lokasi yang sama, SD 01 bergantian melaksanakan Hari Inspirasi. Saat itu gedung SD 01 sedang direnovasi sehingga kegiatan belajar mengajar dilaksanakan di SD 02. Sebanyak sebelas relawan pengajar, empat videografer dan satu videografer melaksanakan tugasnya hingga pukul 17.00 WIB. Kegiatan ditutup dengan penulisan kartu pos cita-cita dan permainan angklung oleh salah satu relawan pengajar dan anak-anak kelas 6.

 

Yang Baru di Batch 6 & Pesan untuk Batch 7

Batch 6 merupakan pertama kalinya para relawan KIJP bermalam di Pulau Kelapa. Walaupun dari batch pertama SD Kelapa 01 dan SD Kelapa 02 sudah diikutsertakan dalam kegiatan KIJP, para relawan selalu bermalam di Pulau Harapan, bersama dengan para relawan dari Pulau Harapan. Sehingga pada batch kali ini relawan KIJP bermaksud untuk dapat mengenal masyarakat Pulau Kelapa lebih dekat dengan menyewa rumah milik warga setempat dan berbaur dengan mereka.

Banyak sekali pembelajaran yang didapat oleh para relawan sebagai bekal pemetaan masalah yang dihadapi oleh masyarakat setempat, salah satunya keinginan masyarakat untuk belajar bahasa inggris dirasa sangat penting untuk menunjang kemajuan pariwisata di Pulau Kelapa. Berdasarkan hasil diskusi dengan ibu-ibu setempat, mereka sangat antusias untuk belajar bahasa inggris dan juga belajar mengenai entrepreneurial skill, seperti pembuatan brand makanan, marketing, dan penjualan online.

Sedangkan untuk anak-anak di sana, perhatian relawan tertuju pada kasus bullying di sekolah. Sehingga para relawan merasakan perlunya meningkatkan perhatian para guru, orang tua dan juga anak-anak mengenai bahaya bullying dan cara-cara pencegahannya.

 

-Rezki Ramadhani-

KIJP di Pulau Kelapa Batch 5, bisa dilihat di sini.