Humble, penuh semangat, selalu berpikir positif adalah kesan pertama ketika berjumpa dengan sosok Kak Putri, wanita penuh inspiratif yang diberi amanah menjadi Koordinator KIJP Batch 6 Karimunjawa. Pemilik nama lengkap Jeudi Putri Pratiwi ini sudah tidak perlu diragukan lagi rasa cintanya kepada negara tercinta. Setelah menempuh pendidikan S2 di Singapura dan bekerja di sana selama 6.5 tahun, Kak Putri memilih pulang kembali ke tanah air. Mengabdikan hidupnya untuk berkarya dan mengambil sedikit peran, terutama di bidang pendidikan anak-anak.

Usai kembali ke tanah air, wanita kelahiran Semarang, 14 Juli 1983 ini memilih untuk menantang dirinya menjadi wirausaha. Kecintaan pada kuliner membuat dirinya mantap untuk membuka kedai makan. Pemilik kedai yang diberi nama ‘Karai Canteen’ juga aktif di kegiatan gereja. Kecintaannya pada anak-anak didedikasikan dengan menjadi guru sekolah minggu dan beberapa kegiatan gereja lainnya. Hobi barunya sebagai pelari juga tak sekadar lari. Saat Bali Marathon 2017 kemarin, Kak Putri juga menggalang donasi untuk anak-anak di bantaran sungai Ciliwung (daerah Manggarai, Jakarta Selatan).

Kak Putri yang memiliki hobi traveling juga salah satu penggerak KI Semarang pada tahun 2014. Rasa cinta dan bentuk pengabdiannya pada kota kelahiran didedikasikan dengan menjadi panitia di Kelas Inpirasi Semarang selama tiga tahun berturut-turut.  Bentuk kepeduliannya pada pendidikan yang kemudian memantapkan Kak Putri mengambil bagian menjadi Keluarga Besar Komunitas Inspirasi Jelajah Pulau pada tahun 2016 dengan penempatan di Pulau Panggang.

“Tahu KIJP dari sepupu yang sudah ikut dibatch sebelumnya, dan juga dari teman lama saya di komunitas Rotaract Club, Kak Asta. Tertarik dengan komunitas ini setelah melihat kegiatannya tidak hanya mengajar, tetapi juga menyentuh kegiatan masyarakat dan lingkungan,” tuturnya ramah.

Setelah merasakan pengalaman dibatch 5, Kak Putri memberanikan diri untuk membantu melebarkan layar kapal KIJP. Karimunjawa menjadi tujuan pengembangan layar KIJP tahun ini. Bicara tentang Karimunjawa, pulau ini cukup terkenal menjadi salah satu objek wisata para turis yang ingin menikmati keindahan laut di Jawa Tengah. Tentunya kehidupan di sana tak lepas dari pengaruh para wisatawan, baik dalam negeri ataupun mancanegara.

Tetapi di satu sisi, kehidupan anak-anak di sana masih jauh dari kata sempurna. Terlebih lagi untuk daerah di sebelah utara Karimunjawa, yaitu Pulau Kemujan. Banyak hal-hal sederhana yang anak-anak tersebut belum pernah mendengar atau asing bagi mereka, seperti contohnya: restoran. Bagi mereka, restoran itu ya rumah makan Padang. Oleh sebab itu, pada batch 6 kali ini kami menyentuh kehidupan di Pulau Kemujan, Karimunjawa.

“Momen selama hari inspirasi itu sangat mencelikkan mata saya tentang arti mengucap syukur. Kesederhanaan kehidupan anak-anak dan masyarakat di sana, tidak sedikitpun mengurangi senyuman dan harapan di wajah mereka. Saya percaya dengan semangat positif dan kerja keras dari para relawan semua, anak-anak di pulau akan mulai berani untuk bermimpi besar, bercita-cita dan mewujudkannya. Agar suatu hari nanti, anak-anak tersebut akan berdiri sebagai generasi bangsa yang santun, dan menjadi dampak yang besar untuk Indonesia yang lebih baik,” kenang Kak Putri setelah berinteraksi dengan anak-anak Pulau Kemujan awal Oktober lalu.
Sebagai Koordinator KIJP Karimunjawa, Kak Putri menghaturkan rasa terima kasih dan hormatnya teruntuk semua pihak atas waktu, tenaga, pikiran dan cinta yang dicurahkan untuk #KIJPBatch6 Karimunjawa. Teruslah menyalakan api semangat sampai kapanpun juga, Hoppers. Karena tidak akan pernah ada ‘finish line’ untuk berbuat kebaikan. Semoga semua niat baik kita menjadi perubahan positif bagi mereka. Yuk kita bergerak bersama untuk pendidikan anak-anak kepulauan di Indonesia!
“Tidak perlu menunggu menjadi orang hebat untuk berbuat kebaikan, with whatever we have in our hands, just be impactful,” ujar Kak Putri bersemangat.

Tetap semangat membangun inspirasi anak Indonesia. Sampai jumpa di batch 7, Hoppers!

Salam Matahari!

 

-Lestari, Panitia #KIJPBatch6-