Nama Kak Maria tentu sudah tidak asing bagi relawan Komunitas Inspirasi Jelajah Pulau (KIJP). Dedikasinya sebagai Kapten KIJP di periode 2016-2017 #AngkatSauh meninggalkan kesan bahwa wanita ini adalah sosok yang tangguh, mengayomi, dan selalu menebar keceriaan bagi sesama relawan. Bahkan tawanya begitu khas. Mari kita kenali lebih dekat sosok Kak Maria Helena Gerrits.

Kak Maria, yang lahir di Jakarta beberapa tahun silam, saat ini berprofesi sebagai costumer service di sebuah perusahaan di Jakarta. Pertama kali mengenal KIJP setelah dikenalkan sesama relawan di Kelas Inspirasi Bogor. Penasaran dengan kegiatan mengajar di pulau, akhirnya Kak Maria mengikuti KIJP batch 3 dan ditempatkan di Pulau Pramuka. Tidak berhenti di sana, Kak Maria melanjutkan kiprahnya bersama KIJP saat ditunjuk menjadi person in charge (PIC) Pulau Pramuka di KIJP batch 4.

Sekembalinya dari pulau, Kak Maria menjadi salah satu kandidat Kapten KIJP bersama Kak Sao (Kapten KIJP periode 2017-2018) dan Kak Acha (Wakil Kapten KIJP 2017-2018). Setelah mekanisme pemilihan suara terbanyak di lingkungan relawan, pada tanggal 19 Januari 2016, Kak Maria terpilih sebagai Kapten KIJP pertama dengan perolehan suara 39.6%.

 

 

Selama menjadi Kapten KIJP, ada satu hal yang selalu diingat, “menjadi adil itu susah,” demikian kata Kak Maria. Selalu menengahi dan terus berusaha menampung aspirasi relawan KIJP yang kian bertambah menjadi resep wajib bagi Kak Maria. Dirinya juga tak dipungkiri menjadi wajah KIJP di ranah eksternal; bahkan tak sedikit yang langsung mengenal Kak Maria sebagai Kapten KIJP di beberapa kegiatan kerelawanan pendidikan.

KIJP bagi Kak Maria adalah rumah kedua. KIJP tidak membuat Kak Maria lelah karena sesama relawan selalu saling menyokong dan membantu. KIJP pun menjadi tempat bagi Kak Maria untuk menemukan kakak-kakak dan adik-adik baru. Menurut Kak Maria, komunikasi antar relawan masih terjalin dengan baik hingga saat ini, bahkan di lingkungan relawan semasa KIJP batch 3.

Ketika ditanya mengapa komunikasi antar relawan KIJP selalu bertahan lama, Kak Maria berargumentasi, “ikatan yang erat itu bisa timbul karena gabungan tiga hal, ketika sama-sama melakukan perjalanan hingga bermalam, adanya transaksi, juga saat tergabung dalam kepanitiaan yang sama, semua hal yang dialami oleh setiap relawan KIJP.”

Banyak yang belum tahu, Kak Maria kadang mengasosiasikan dirinya sebagai Kimberley, nama tokoh ranger pink di serial Power Ranger. Beberapa relawan pun sudah terbiasa memanggil Kak Maria dengan sebutan Kimberley. Tokoh Kimberley menurut Kak Maria adalah sosok yang lembut, baik hati, selalu menjadi penengah, dan selalu membantu rekan lain di Power Ranger.

Origami, seni melipat kertas dari Jepang, disebut Kak Maria sebagai candu. Dirinya tak kuasa melihat kertas tergeletak begitu saja, jemarinya pasti langsung lincah melipat kertas tersebut menjadi aneka bentuk. Tak jarang Kak Maria dikerubungi relawan KIJP lain saat mengadakan sesi pelatihan melipat kertas dadakan. Kesenangan pada origami muncul saat Kak Maria mendapat hadiah berupa kado aneka lipatan kertas yang menarik. Salah satu yang paling membanggakan bagi Kak Maria adalah ikut berpartisipasi menyusun origami burung bangau menjadi sebuah pohon natal dengan tinggi 1,5 meter. Sedikit berfilosofi, Kak Maria menganggap bahwa origami membawa pesan bagi penggiatnya untuk menghargai proses dan melatih kesabaran.

Di luar KIJP, Kak Maria juga ikut aktif di Kelas Inspirasi (KI). Lokasi KI paling jauh yang pernah Kak Maria ikuti adalah di Rote, Nusa Tenggara Timur. Di kelas, Kak Maria lebih sering mengajarkan mengenai keselamatan dalam bekerja. Barang-barang seperti helm safety, jaket safety, dan goggle selalu menjadi barang wajib untuk diperagakan kepada murid. Lebih jauh lagi, konteks keselamatan dikaitkan kepada keseharian murid, seperti selalu menggunakan helm saat berkendara motor dan konsekuensi jika tidak mengutamakan keselamatan saat beraktivitas sehari-hari.

Selepas menjadi Kapten KIJP, Kak Maria terus melanjutkan dedikasinya pada KIJP dengan menjadi Komite Pengarah dan Pengawas (KOMPAS) KIJP. Kak Maria juga telah mendaftar untuk kembali menginspirasi ke pulau di KIJP Batch 6. Dia berharap dapat terus melakukan hobinya, yaitu membahagiakan orang-orang yang dicintai.

-Yusuf Putra-