BATCH 6 PULAU HARAPAN

by Gabrella Sabrina

Kegiatan Masyarakat

Melihat kebutuhan masyarakat Pulau Harapan yang roda perekonomiannya digerakkan oleh wisata, maka kegiatan masyarakat pada Batch 6 memusatkan pada upaya peningkatan nilai jual wisata dan oleh-oleh khas Pulau Harapan, dalam hal ini pengrajin kerupuk. Para relawan menyiapkan handout ‘Harapanku Dalam Buku Saku’ yang berisi panduan singkat mengenai pentingnya layanan yang ramah dan santun (hospitality) serta branding sederhana yang diharapkan dapat bermanfaat langsung pada praktik sehari-hari. Selain itu, pemberian stiker pada kemasan kerupuk yang akan dijual agar semakin menarik minat beli wisatawan.

Obrol sore pun ditutup dengan mengamati dan mencicip beberapa referensi oleh-oleh khas dari kota lain. Hal ini bertujuan agar masyarakat Pulau Harapan memiliki wawasan baru dan semangat untuk mengembangkan usahanya. Sedangkan untuk rencana selanjutnya adalah penggunaan media sosial sebagai salah satu upaya pemasaran wisata di Pulau Harapan.

by Gabrella Sabrina

 

Hari Inspirasi

Bertempat di SDN Harapan 01, para relawan pengajar berbagi pengetahuan mengenai profesi mereka masing-masing melalui cara yang menyenangkan. Berbagai profesi diperkenalkan antara lain pengacara, insinyur, akuntan, bankir.

Tidak hanya mengajarkan tentang profesi, para relawan pengajarpun membiasakan murid-murid bersikap santun sesuai dengan tema KIJP Batch 6 yaitu #AnakSantunItuKeren. Agar lebih memudahkan dalam pengajaran, para relawan menyiapkan ‘Papan Santun’ agar murid-murid dapat tetap mengingat nilai-nilai kesantunan : salam, sapa, maaf, tolong, dan terima kasih. Anak-anak harus menuliskan nilai santun pada apa yang akan mereka lalukan dalam kesehariannya.

Hari Inspirasi ditutup dengan menarikan tarian Betawi. Semoga apa yang telah dibagi oleh para relawan mampu memberi semangat lebih kepada para murid untuk berani mengejar mimpi.

by Tita Fathia

 

-Shadika-

KIJP di Pulau Harapan, Batch 6, bisa lihat di sini.