Bagaimana sih serunya Komunitas Inspirasi Jelajah Pulau (KIJP) yang berlayar hingga Pulau Kemujan, Kepulauan Karimunjawa?

Yuk simak cerita dan keseruan dari beberapa relawan baik pengajar maupun dokumentator, yang telah memberikan waktu dan tenaga untuk #BerlayarMakinAsyik bersama #KIJPBatch6. Bersama anak-anak Indonesia khususnya di Pulau Kemujan membawa harapan dan cita bahwa #AnakSantunItuKeren.

 

CERITA RELAWAN PENGAJAR

Kuncoro Dwi Atomojo – Software Engineer

Alasan bergabung di KIJP :

Saya yakin akan ada pengalaman berharga yang bisa didapatkan melalui interaksi dengan masyarakat dan anak-anak di pulau yang kami kunjungi. Bergabung di KIJP juga menjadi kesempatan untuk bertemu dengan teman-teman dari berbagai latar belakang dan karakter berbeda. Kesamaan kami adalah keinginan untuk berbagi sedikit cerita yang kami punya, supaya anak-anak di pulau juga berani memiliki mimpi besar.

Pengalaman selama di pulau :

Saya datang sebagai relawan pengajar, tapi dari awal acara saya tahu, sayalah yang akan banyak belajar. Anak-anak Kemujan adalah guru bagi saya. Saya banyak mendengar cerita dari warga, tentang putra-putri Karimunjawa yang menggapai mimpinya. Ada yang sukses merantau membangun usahanya, ada juga yang menempuh pendidikan tinggi untuk kembali berkarya di Kemujan. Teman-teman relawan di KIJP juga guru bagi saya. Kelompok relawan Kemujan 3 datang dari latar belakang dan karakter yang berbeda-beda, mungkin ketidakwarasanlah yang menyatukan kami, namun semua aktif ambil bagian meringankan tugas kelompok.

Terima kasih pula kepada ibu, bapak, dan pemuda yang telah menyambut, mendukung serta masakan Ibu Rukati yang selalu jadi rebutan. Kita bertemu tidak saling kenal dan sekarang kita pulang dari Kemujan sebagai keluarga baru.

 


Aditya Pratama, Content & Community Officer

Alasan bergabung di KIJP :

Ingin berbagi inspirasi sama adik-adik yang tinggal di Karimunjawa dan berkontribusi terhadap dunia pendidikan meski dari hal terkecil sekalipun. Dengan ikut KIJP, saya berharap mereka jadi tahu di luar sana ada profesi seperti saya. Selain itu, saya berharap ada minimal satu atau dua anak yang semakin tergerak untuk meraih cita-cita mereka apapun itu.

Pengalaman selama di pulau :

Kesan mengikuti KIJP sangat menarik buat saya, baru pertama kali mengajar anak-anak SD dari kelas 1-6. Di sana saya ditantang secara mental dan emosional dalam menghadapi adik-adik dengan berbagai karakter yg berbeda. Sangat senang ketika saya melakukan workshop vlogging, mereka antusias dan bersemangat.

 


Niken Hapsari Kurniasih, Accounting Staff

Alasan bergabung di KIJP :

Penasaran seperti apa program KIJP. Seperti apa kehidupan masyarakat di Karimunjawa, seperti apa anak-anak SD di Karimunjawa. Penasaran bagaimana menceritakan tentang profesi saya kepada anak-anak SD di Karimunjawa khususnya Kemujan.

Pengalaman selama di pulau :

Awalnya saya sangat penasaran bagaimana rasanya pergi ke Karimunjawa. Bagaimana rasanya naik kapal, kondisi kapalnya, lamanya perjalanan. Semuanya membuat saya penasaran. Dan ternyata semua kekhawatiran saya terjawab sudah.

Momen tak terlupakan adalah saat closing saat akan memulai flash mob. Untuk mengabadikannya, drone milik videografer diterbangkan, dan membuat anak-anak hilang dari lapangan sekolah. Ternyata mereka menyangka itu helikopter dan mengikuti kemana drone itu terbang. Oh ya, pengalaman lainnya adalah lebih menghargai air. Dusun Kemujan sedang mengalami kesulitan air jadi kami sekelompok harus berhemat untuk mandi dan lain-lain.

 


Yefta Andrea – Product Engineer

Alasan bergabung di KIJP :

KIJP adalah salah satu komunitas yang sangat positif, wadah kegiatan untuk anak-anak, masyarakat dan lingkungan pulau. Hal ini yang menjadi perbedaan KIJP dengan komunitas lainnya. Oleh karena itu saya berpikir bahwa TIDAK ADA satupun alasan untuk tidak bergabung dengan KIJP. Melihat anak-anak dan masyarakat tersenyum bahagia adalah hal yang terindah bagi saya. Betapa sungguh bahagia jika saya bisa menjadi salah satu bagian dari alasan mereka tersenyum.

Pengalaman selama di pulau:

Karimunjawa adalah pengalaman pertama bagi KIJP dan saya pribadi. Oleh karena itu, kita perlu mengenal jauh lebih dalam tentang Karimunjawa itu sendiri, yakni anak-anak, masyarakat dan lingkungan pulau. Maka, jauh sebelum kami tiba ke pulau, kami sudah merencanakan kegiatan-kegiatan kami selama di pulau hingga penghujung acara.

Hari pertama diisi dengan bermain, bernyanyi, dan sablon baju bersama anak-anak SDN 1 Kemujan di pantai. Tak lupa kami juga berkunjung ke rumah bapak carik (sekretaris desa) setempat untuk bersilahturahmi. Hari kedua membuat ikrar #AnakSantunItuKeren dihiasi cap jempol anak-anak dan membuat pohon cita-cita di setiap kelas. Setelah kegiatan refleksi, kami menghias perpustakaan sekolah sampai malam hari. Banyak hal positif yang kami berikan, dan tentunya banyak hal positif yang kami peroleh. Terima kasih. Salam!

 


CERITA RELAWAN DOKUMENTATOR

 

Gevi Noviyanti – Fotografer

Alasan bergabung di KIJP :

Saya ingin bertemu dan menyebarkan semangat positif dengan kawan-kawan relawan baru yang terlibat dalam kegiatan ini. Saya juga ingin membuat sebuah catatan ataupun cerita dalam bentuk visual (foto) tentang kehidupan masyarakat maupun sumber daya alam yang terdapat di Pulau Kemujan karena banyak orang mengetahui pulau Karimunjawa daripada Pulau Kemujan.

Pengalaman selama di pulau :

Selama di pulau, saya mendapatkan banyak pelajaran tentang arti bahagia dalam sebuah kesederhanaan.

Bahagia itu sederhana, ketika bisa mensyukuri nikmat dan karunia Tuhan atas segala ciptaan-Nya.
Bahagia itu sederhana, ketika bisa berenang di lautan sembari melihat terbitnya fajar.
Bahagia itu sederhana, ketika bisa melihat kapal melintas saat senja menampakan dirinya.
Bahagia itu sederhana, ketika bisa mendengar suara deburan ombak yang bersahutan dan nyanyian serangga kecil di malam hari.
Bahagia itu sederhana, ketika melihat canda-tawa anak-anak saat bermain bersama.
Bahagia itu sederhana, ketika bapak dan ibu guru selalu hadir di sekolah untuk mengajar para siswanya.
Bahagia itu sederhana, ketika bisa menularkan energi positif dan berbagi ilmu antar sesama.

 


Oyie R. Inkiriwang – Fotografer

Alasan bergabung di KIJP :

Anak pulau juga bisa punya mimpi besar, itu sebabnya saya ingin menginspirasi mereka.

Pengalaman selama di pulau :

Memang tidak mudah mengubah sesuatu yang sudah tertanam selama bertahun-tahun. Terlebih lagi, daerah Kemujan termasuk daerah yang sangat sering dikunjungi oleh komunitas/mahasiswa KKN, sehingga jika tidak berhati-hati pembentukan karakter pengemis/peminta bisa sangat terjadi. Membiasakan memberi anak-anak uang sebagai imbalan saat mereka mau mengikuti olahraga atau mampu menjawab pertanyaan guru dalam proses belajar mengajar bukanlah hal mendidik melainkan cikal bakal dari sebuah karakter korupsi di kemudian hari.

Membentuk karakter positif dari kebiasaan yang sudah tertanam menahun tidak akan cukup dalam waktu singkat. Di sinilah tugas kita sebagai generasi sekarang untuk berbagi dan melakukan perubahan menuju karakter positif dan membangun karakter AnakSantunItuKeren.

Berani menerima tantangan berikutnya di #KIJPBatch7 Karimunjawa?

 


Wawan Aji Pamungkas – Videografer

Alasan bergabung di KIJP :

Satu alasan saya ikut KIJP sebagai dokumentator adalah ingin merekam bagaimana keadaan sosial atau pendidikan di pulau, terutama Karimunjawa lewat video. Bagaimana putra-putri penerus bangsa kita harus dipupuk mimpinya, tanpa harus mengubah apa yang mereka cita-citakan. Mereka yang spesial itu wajib didorong dari belakang, didampingi dari samping agar potensi dapat terus berkembang tanpa harus khawatir cita-cita mereka terkontaminasi oleh perubahan zaman.

Pengalaman selama di pulau :

Sangat menarik karena saya datang ke pulau wisata dengan para relawan, bertujuan sosial bukan soal piknik semata. Saat bertemu dengan warga, terkadang ada kekhawatiran tentang merosotnya keinginan warga menjadi nelayan karena profesi banyak bergeser ke wisata. Namun, ternyata pejuang mimpi itu ada di SD 5 Kemujan, karena banyak anak yang bercita-cita menjadi nahkoda. Harapan kelautan ada di tangan mereka.

 


Dyah Ari Puspita – Videografer

Alasan bergabung di KIJP :

Berawal dari ketidaksengajaan follow akun twitter @kampusupdate, ternyata di sana ada informasi tentang KIJP Batch 6. Penasaran apa itu KIJP, akhirnya kepo-in website dan berlanjut ke akun sosial medianya. Daftar dan ternyata lolos. Sungguh di luar prediksi karena sebenarnya saya kurang percaya diri. Biasanya relawan yang lolos adalah para profesional di bidangnya. Mungkin inilah salah satu langkah untuk mendorong cita-cita saya untuk membuat sekolah atau perpustakaan di Indonesia Timur, terutama Maluku.

Pengalaman selama di pulau :

Amazing! Saya merasa lebih dekat dengan anak-anak dan sangat terinspirasi. Cita-cita sederhana seperti jadi guru ngaji dan sekolah ke pondok pesantren membuat saya yakin bahwa anak-anak pulau juga berani bermimpi besar. Kegiatan tiga hari membuat saya dapat mengenal anak-anak secara langsung, sehingga lebih mudah saat berkegiatan di kelas. Nah, tak ada salahnya untuk bergabung lagi di batch selanjutnya! Karena saya ingin terus menginspirasi!

 

 

-Lestari, Panitia Batch 6-