Hari Pertama: Kamis, 22 Maret 2018

Cuaca Jakarta cukup cerah ketika sejumlah panitia menyambut kedatangan kontingen Camp Anak Pulau (CAP) 2018 Kepulauan Seribu di Deramaga Kali Adem. Sebanyak 14 anak dan guru pendamping akan bergabung dengan kontingen Kepulauan Banten yang telah tiba sehari sebelumnya.  Kamis, 22 Maret 2018 menjadi hari pertama dan pembukaan kegiatan Camp Anak Pulau 2018.

Kontingen Kepulauan Seribu (dok.kijp)

Ada perasaan bahagia sekaligus haru ketika melihat senyum hangat dan semangat terpancar di wajah anak-anak. Akhirnya kali kedua Camp Anak Pulau digelar. Selama tiga hari ke depan, anak-anak dan guru pendamping akan mengikuti sejumlah kegiatan yang dikemas dengan asyik dan menarik. Ya, karena tahun ini CAP 2018 mengusung tema “Anak Kreatif Anak Asyik”.

Sebagian anak-anak peserta CAP 2018 Kepulauan Seribu (dok.kijp)

Perjalanan laut yang telah ditempuh beberapa jam sebelumnya tidak menyurutkan langkah anak-anak dan para guru menuju Garuda Indonesia Training Center, tempat kegiatan pertama CAP 2018. Tim dari Garuda Indonesia menyambut kedatangan anak-anak dan para guru dengan menyiapkan beberapa kegiatan yang tak kalah seru dan menyenangkan.

Simulasi mengoperasikan pesawat terbang (dok.kijp)

Di Garuda Indonesia Training Center anak-anak dan guru dikenalkan apa itu keselamatan penerbangan. Bahkan mereka juga bisa merasakan serunya terbang dengan mesin simulator. Seru sekali! Selain itu mereka juga dikenalkan dengan emergency exit atau pintu darurat. Tak hanya itu peserta CAP 2018 ini juga berkesempatan melihat training evakuasi selama penerbangan. Wah tentu ini menjadi pengalaman yang menarik untuk anak-anak dan guru pendamping ya.

Seluruh peserta CAP 2018 & perwakilan dari GITC (dok.kijp)

Malam Pembukaan Camp Anak Pulau 2018

Kegiatan hari pertama dilanjutkan dengan malam pembukaan Camp Anak Pulau 2018. Berbagai games seru disiapkan bertujuan agar panitia dan peserta bisa kenal lebih dekat. Perkenalan KIJP kepada para peserta juga dilakukan dengan presentasi yang cukup interaktif.  Tawa canda pecah malam itu. Seluruh peserta membaur tanpa ada perasaan sungkan dan canggung.

Malam pembukaan CAP 2018 (dok.kijp)

Acara ramah tamah ini dilanjutkan dengan sharing session antara KIJP dengan para peserta. Anak-anak berkesempatan menuliskan apa harapan, kekhawatiran dan hal apa yang akan dilakukan di masa mendatang. Sedangkan para guru juga menyampaikan kekhawatiran mereka tentang bahaya narkoba terhadap masa depan anak-anak.

Kegiatan di malam pembukaan CAP 2018 (dok.kijp)

 

Semoga aspirasi yang disampaikan anak-anak dan para guru bisa memberikan ide lain untuk kegiatan KIJP selanjutnya ya.

 

Penasaran dengan kegiatan hari kedua CAP 2018? Yuk, klik tautan berikut!

-bunga-