Hari Kedua: Jumat, 23 Maret 2018

Bertempat di Gedung Kementerian Kelautan dan Perikanan atau KKP, anak-anak serta guru pendamping mengikuti workshop. Anak-anak mendapat materi mengenali talenta dan potensi diri bersama Kak Ihsanuddin. Lewat secarik kertas, anak-anak diajak menuangkan mimpinya dengan gambar dan diberi penjelasan. Ada yang mau jadi guru, dokter, tentara, pilot, hingga pemain sepakbola! Sedangkan di sisi lain, para guru mendapat materi dari Kak Yuni beserta Kak Sonny mengenai pengajaran interaktif dan pemahaman psikologi anak. Namun sebelum itu, para guru diajak menggali komunikasi yang selama ini telah dilakukan di tiap sekolah.

Melukis Mimpi (dok.kijp)

Karena hari ini adalah Hari Jumat, peserta CAP anak dan guru pria bersama dengan kakak relawan melakukan sholat Jumat bersama. Sedangkan anak-anak dan guru perempuan mengisi waktu dengan kunjungan ke Galeri BMKT (Barang Muatan Kapal Tenggelam) yang juga berada di Gedung KKP ini. Tak hanya berkunjung, anak-anakpun mendapat pembekalan berupa buku pengetahuan bahari. Seberapa kenal sih anak-anak dengan pulau mereka?

Setelah beristirahat siang, anak-anak serta guru dikumpulkan kembali dalam satu ruangan untuk bertemu dengan kisah inspiratif yakni Kak Anindya Putri, Putri Indonesia 2015. Kak Putri adalah penggemar olahraga, maka Putri Indonesia bukanlah mimpinya sejak kecil. Tapi apa daya setelah mengalami cedera, ia tidak bisa menjadi atlet dan mengganti tujuan hidupnya dengan menjadi gadis sampul hingga meraih gelar Putri Indonesia 2015. Semangat positifnya menginspirasi peserta dan relawan KIJP bahwa dengan tekad, usaha, dan keyakinan, tujuan hidup yang dimiliki dapat tercapai. Terima kasih Kak Anindya untuk berbagi kisah inspiratifnya!

Kunjungan ke BMKT
Cerita Inspiratif Putri Indonesia 2015 (dok.kijp)

Kegiatan hari ini berlanjut dengan Kelas Creative dari kakak-kakak relawan KIJP. Ada kelas musik, tari, science, lukis yang diikuti oleh para anak-anak pulau secara bergantian. Kelas ini nantinya menjadi bakal malam kreasi CAP 2018 yaitu Pentas Seni. Setelah diadakan diskusi oleh kakak divisi acara, maka terpilihlah anak-anak untuk mewakili tiap kelas creative dalam Pentas Seni CAP 2018. Maka, malam hari sebelum pulang, anak-anak bersama kakak-kakak kelas kreatif berlatih untuk memantapkan pertunjukkan esok hari!

Kelas Kreatif: Kelas Musik (dok.kijp)

 

Penasaran dengan kegiatan hari ketiga CAP 2018? Yuk, klik tautan berikut!

 

-emmasabatini-