KIJP ANGKAT SAUH, Batch #5

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, Batch 5 adalah satu-satunya batch KIJP yang diselenggarakan dalam satu tahun ini yaitu pada 10-12 April 2016. Mengusung tema #AngkatSauh bersama #GenerasiJujur, #AngkahSauh mewakili semangat rangkaian kegiatan KIJP di tahun 2016 ini.

Ada beberapa pulau tujuan batch sebelumnya yang tidak didatangi kembali di batch ini dan akan diganti dengan program lanjutan lain. Lima pulau yang masih menjadi pulau tujuan di batch ini adalah Pulau Payung, Pramuka, Panggang, Harapan, dan Kelapa yang berada di Kepulauan Seribu. Sedangkan tiga pulau tujuan baru di batch ini adalah Sebira (Kepulauan Seribu), Panjang dan Tunda yang berada di Banten.

 

KIJP #GENERASIJUJUR

Ada 2 nilai utama yang akan menjadi benang merah seluruh rangkaian kegiatan di batch ini, yaitu JUJUR dan SOPAN. Nilai kejujuran mendapat porsi lebih karena merefleksi kegiatan di batch-batch sebelumnya, masih diperlukan penanaman nilai kejujuran sebagai modal utama untuk pembentukan karakter anak-anak Indonesia yang berbudi pekerti luhur.

 

AKTIVITAS PULAU

Merawat cita-cita anak-anak diperlukan keterlibatan banyak pihak. Maka sejak Batch 3, KIJP mulai memfokuskan kegiatannya pada 3 pilar utama: Sekolah (S), Masyarakat (M), dan Lingkungan (L).

Inisiasi perlibatan orang tua dan guru dilakukan melalui Sharing Session tentang penumbuhan minat anak, parenting, hingga Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus. Ada juga kelas upcycle yang mengenalkan cara meningkatkan nilai tambah dari bahan-bahan bekas, pertunjukkan dongeng, hingga Amazing Race antar sekolah untuk meningkatkan sportifitas anak.

Sumber : Buku Batch 5 #GenerasiJujur


19 Maret 2016

BRIEFING BATCH #5

A post shared by KIJP (@jelajahpulauid) on

Seperti layaknya prajurit yang harus mempersiapkan senjata sebelum pergi berperang, maka KIJP juga ingin para relawan siap dengan segala perbekalan sebelum menginspirasi anak-anak di pulau. Dengan beberapa rangkaian kegiatan yang telah disusun oleh tim acara, para relawan yang akan terlibat langsung pada Hari Inspirasi diharuskan mengikuti rangkaian kegiatan tersebut di mana salah satunya adalah kegiatan Briefing Relawan 1 yang dilaksanakan di Museum Mandiri Indonesia.

Briefing Relawan 1 merupakan sesi perkenalan lebih dalam mengenai Komunitas Inspirasi Jelajah Pulau (KIJP) beserta orang-orang yang bertugas di belakangnya, menjaga KIJP agar dapat terus berjalan dengan baik. Pada briefing inilah, relawan mulai dijelaskan mengenai tema #GenerasiJujur yang diusung pada batch #5 serta nilai (value) apa saja yang ditanamkan ketika mengajar. Selain itu, relawan juga diminta untuk saling mengenal teman-temannya sesama relawan serta pembagian kelompok yang nanti akan bersama-sama bertugas di pulau.

Berkenaan dengan tema #GenerasiJujur, pada batch ini KIJP bekerja sama dengan Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) dalam rangka menanamkan sikap jujur pada calon generasi bangsa, sebab tindakan korupsi berawal dari sikap ketidakjujuran. Merupakan suatu kehormatan bagi kami, KPK berkenan menjadi salah satu tamu pada kegiatan briefing pertama untuk mendukung kegiatan KIJP batch 5.

Sumber : Buku Batch 5 #GenerasiJujur



BATCH 5 : #GENERASIJUJUR

Komunitas Inspirasi Jelajah Pulau (KIJP) siap menghelat lagi wahana inspirasi profesi untuk siswa sekolah dasar di kepulauan Indonesia. Setelah empat batch sebelumnya bergerak di Kepulauan Seribu – DKI Jakarta, kini KIJP Batch 5 merambah Pulau Tunda dan Pulau Panjang di Banten. Total akan ada 8 pulau dan 11 Sekolah Dasar yang akan didatangi untuk edukasi profesi sekaligus inisiasi kegiatan sekolah, masyarakat, dan lingkungan.